Personologi Millon

T_millon1

Atas: Theodore Millon, Ph.D

Kemarin ini saya dapat informasi dari dosen pembimbing saya bahwa HIMPSI mengadakan acara diskusi ilmiah tentang Personologi Millon, pembicaranya Kang Eppy. Kebetulan saya pernah membaca sedikit tentang buku yang ditulis oleh Theodore Millon, jadi saya tertarik untuk mengikuti acara tersebut (acaranya hari Sabtu 12 November, jam 9 pagi).

Acaranya diadakan di Universitas Nurtanio. Agak aneh juga, acara diskusi psikologi kok diadakan di kampus yang identik dengan penerbangan? Belakangan panitia menjelaskan bahwa untuk menghemat biaya, mereka mencari tempat yang gratisan… haha. Cukup bisa diterima deh alasannya, lagipula ruangannya juga sangat bagus untuk diskusi.

Waktu saya tiba di sana, saya menemui beberapa orang dari biro psikologi yang saya kenal (kebetulan besoknya saya bekerja menjadi tester untuk biro tersebut). Narasumbernya, kang Eppy sudah ada di tempat dan nampaknya sudah siap untuk memulai kegiatan. Ada juga beberapa psikolog serta beberapa mahasiswa UNISBA. Sayangnya, saya tidak menjumpai satu pun mahasiswa dari almamater saya. Padahal acara diskusi seperti ini sangat bermanfaat untuk memperluas pengetahuan. Biar bagaimanapun juga, apa yang diajarkan di kampus itu pasti selalu lebih ketinggalan jaman dibandingkan dengan yang digunakan di praktik nyata. Mereka ini tidak datang karena kurang informasi atau malas? Mudah-mudahan bukan yang kedua.

Penjelasan teori kepribadian dari Millon ini sangat rumit, kebanyakan baru mulai dipakai di tingkat S2 dan tidak semua psikolog suka menggunakannya. Pasalnya, konsep teorinya sangat kental dengan setting psikologi klinis. Dari ekspresi wajah peserta diskusi, nampaknya memang materi ini cukup berat sehingga kita semua harus berkonsentrasi penuh terhadap “kuliah” yang disampaikan oleh narasumber.

Untuk yang belum tahu, Theodore Millon adalah psikolog yang terkenal dengan karya-karyanya dalam bidang personality disorders. Konsepnya cukup rumit, jadi sebaiknya tidak dipelajari dulu oleh pemula atau oleh orang-orang psikologi yang belum menguasai benar konsep psikodinamika. Oh ya, ini link ringkasan konsepnya: http://www.millon.net/taxonomy/summary.htm

Siapa tahu berguna untuk yang benar-benar ingin mendalami psikologi yang benar-benar klinis.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d bloggers like this: